AKSI NYATA 2.1 dan 2.2
Pembelajaran Berdiferensiasi dan Pembelajaran Sosial Emosional
Dwi Kurniawati Handayani,
S.Pd.
SD Negeri Pagerbarang 03
CGP Angkatan 4
Kabupaten Tegal
Pada aksi Nyata 2.1 dan 2.2 yang pertama saya lakukan yaitu
membuat pemetaan gaya belajar siswa, kemudian membuat RPP berdiferensiasi
terintegrasi pembelajaran social dan emosioanal. Saya menerapkannya pada kelas 4
SD pembelajaran Tema 8 (Daerah Tempat Tinggalku) Sub Tema 1 (Lingkungan Tempat
Tinggalku) Pembelajaran 1
(lingkungan di sekitar tempat tinggalku) muatan pembelajaran IPSKD 3.3 Mengidentifikasi kegiatan ekonomi dan hubungannya dengan berbagai
bidang pekerjaan serta kehidupan sosial dan budaya di lingkungan sekitar sampai
provinsi. Dan 4.3 Menyajikan hasil identifikasi kegiatan ekonomi dan
hubungannya dengan berbagai bidang pekerjaan, serta kehidupan sosial dan budaya
di lingkungan sekitar sampai provinsi.
Kegiatan pembelajaran aksi nyata 2.1
dan 2.2 adalah sebagai berikut
·
Guru menerapkan pembelajaran sosial dan emosional dengan
membacakan sebuah cerita kemudian siswa menggambarkan perasaan mereka setelah
mendengar cerita tersebut pada kertas post it dan di tempel di papan.
· Guru melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi:
1. Melaksanakan Pembelajaran
berdiferensiasi konten yaitu kelompok A siswa yang (memiliki gaya belajar
visual) membaca buku tentang kegiatan ekonomi, kelompok B siswa yang (memiliki gaya
belajar Audio) melihat tayangan video kegiatan ekonomi dan kelompok C (yang
memiliki gaya belajar Kinestetik) membaca materi kegiatan ekonomi dengan mengunjungi
gallery walk.
2. Melaksanakan Pembelajaran
berdiferensiasi proses yaitu Siswa melakukan diskusi
di kelompok masing – masing. Siswa membuat produk yang menyajikan Jenis
pekerjaan terkait kegiatan ekonomi. Kelompok A (gaya belajar visual) akan
membuat peta pikiran kegiatan ekonomi, kelompok B (Auditory) akan membuat lagu
yang menggambarkan kegiatan ekonomi. Dari kelompok C (gaya belajar kinestetik)
akan menampilkan drama /bermain peran tentang kegiatan ekonomi
3. Melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi produk. Setelah siswa melakukan diskusi di kelompok masing – masing. dan membuat produk kemudian mempresentasikan produk yang dibuat kemudian dikumpulkan.
Sebelum presentasi
siswa melaksanakan pembelajaran sosial emosional teknik bernafas kedaran penuh
untuk melatih konsentrasi.
Dokumentasi:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar