DWI KURNIAWATI HANDAYANI, S.Pd.
CGP ANGKATAN 4
KABUPATEN TEGAL
MODEL 5R
REPORTING
Materi
di minggu terakhir ini diawali dengan demonstrasi kontekstual modul 3.3
mengenai pengelolaan program yang berdampak pada murid. Kemudian dilanjutkan
dengan Elaborasi pemahaman atau sesi instruktur bersama Ibu Indra Sari untuk
menguatkan pemahaman mengenai pengelolaan program yang berdampak pada murid. Selanjutnya
koneksi antarmateri dan aksi nyata mengenai pengelolaan program yang berdampak
pada murid. Kegiatan minggu ini diakhiri dengan kegiatan Lokakarya 6 Pendidikan
Guru Penggerak bertempat di SMK Muhammadiyah Slawi pada tanggal 18 Juni 2022.
RESPONDING
Materi
Pengelolaan Program Yang Berdampak Pada Murid merupakan materi baru yang
sebelumnya saya belum pernah dapatkan. Dalam mengelola Program Yang Berdampak
Pada Murid, salah satu panduan yang digunakan adalah dengan menerapkan paradigm
Inkuiri Apresiatif melalui tahapan BAGJA, Manajemen Resiko dan MELR.
RELATING
Setiap
Sekolah pasti selalu membuat program, tapi belum dimulai dari 7 aset/ modal
yang dimiliki sekolah. Ketujuh modal tersebut yaitu modal sumber daya manusia,
modal social, fisik atau sarana dan prasarana, lingkungan/ alam, politik, finansial,
serta agama dan budaya dapat digunakan sebagai penunjang program sekolah yang
diharapkan. Sebagai implementasi dari pemanfaatan 7 aset/ modal yang menunjang
pembelajaran.
RECONSTRUCTING
Setelah mempelajari dan
memahami mengenai pengelolaan program yang berdampak pada murid, saya akan
mengaplikasikannyab dalam kehidupan sehari-hari. Dalam mengelola suatu Program yang
berdampak pada murid yang terdiri atas bagian BAGJA, Manajemen Resiko dan
Strategi MELR.
REASONING
Salah satu panduan yang dapat
digunakan adalah dengan menerapkan paradigm inkuiri Apresiatif melalui tahapan
BAGJA, manajemen resiko dan MELR.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar