Aksi Nyata Modul 1.3
Visi Guru Penggerak
Oleh:
Dwi Kurniawati Handayani, S.Pd.
CGP
Angkatan 4
SDN Pagerbarang 03
Kab.
Tegal
Latar Belakang
Keberhasilan sebuah proses pembelajaran tidak
hanya ditentukan oleh seorang guru saja, namun perlu keterlibatan siswa juga di
dalamnya. Sebagus dan sebaik apapun metode yang digunakan oleh guru, jika guru
tidak mampu memahami apa yang diinginkan muridnya dalam proses pembelajaran,
tentunya metode pembelajaran itu tidak akan berhasil dan tujuan pembelajaran
pun tidak akan tercapai.
Oleh
karena itu guru harus memahami terlebih dahulu metode belajar seperti apa yang
diinginkan oleh siswa. Setelah guru mengetahui, selanjutnya guru membuat
kesepakatan belajar dengan siswa. Penentuan kesepakatan belajar ini harus
benar-benar melibatkan siswa dan jangan didominasi oleh guru. Dengan adanya
kesepakatan belajar ini maka akan tercipta pembelajaran yang menyenangkan dan
bermakna bagi siswa.
Tujuan
Adapun tujuan dari
rancangan aksi nyata ini yaitu sebagai berikut.
- Untuk
meningkatkan keterlibatan siswa secara aktif dalam menentukan proses
belajar di kelas.
- Untuk
mewujudkan pembelajaran yang menyenangkan dan berpihak pada murid.
- Untuk
mewujudkan visi murid merdeka dan merdeka belajar.
Deskripsi
Aksi Nyata
Hasil Aksi Nyata
Adapun hasil yang diperoleh
melalui pelaksanaan aksi nyata ini yaitu sebagai berikut.
- Guru
dan siswa berhasil membuat sebuah kesepakatan terkait dengan kegiatan
belajar yang akan dilaksanakan. Guru menyadari bahwa untuk menghadirkan
sebuah pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna bagi siswa tidak hanya
ditentukan oleh metode yang diterapkan oleh guru tersebut, melainkan perlu
peran aktif siswa dalam menentukan cara belajar seperti apa yang mereka
inginkan.
- Tingkat
keaktifan siswa menjadi meningkat. Siswa lebih berani mengeluarkan
pendapatnya, berani mengeluarkan ide/gagasannya untuk mewujudkan
pembelajaran yang menyenangkan.
Refleksi Aksi Nyata
Pelaksanaan aksi nyata ini dapat
meningkatkan kesadaran guru dalam hal mewujudkan pembelajaran yang menyenangkan
bagi siswa. Pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna bagi siswa tidak dapat
hanya ditentukan oleh faktor gurunya saja, melainkan diperlukan keterlibatan
siswa di dalam menentukan cara atau metode belajar seperti apa yang mereka
kehendaki. Guru dan siswa wajib membuat sebuah kesepakatan belajar sebelum
pelaksanaan pembelajaran dimulai dengan tujuan agar siswa dapat memahami materi
pelajaran dengan baik sesuai dengan gaya belajar masing-masing siswa. Selain
itu, dengan adanya kesepakatan belajar ini siswa pun akan nyaman dalam
mengikuti proses pembelajaran.
Adapun kendala yang dialami
selama pelaksanaan aksi nyata yaitu masih adanya beberapa orang siswa yang
belum mau aktif saat berdiskusi kelompok dan masih belum percaya diri saat
menceritakan cita-citanya di depan kelas.
Rencana Perbaikan di Masa Mendatang
Hal-hal yang sudah
baik yang telah penulis lakukan selama pelaksanaan aksi nyata ini akan terus
dilakukan secara berkelanjutan dan konsisten. Untuk mengawali kegiatan
pembelajaran pada semester genap tahun pelajaran 2022/2023 nanti, penulis akan membuat kesepakatan belajar bersama
dengan siswa dan terus melakukan evaluasi secara berkala terhadap kesepakatan
belajar yang telah dibuat agar kesepakatan belajar tersebut dapat dijalankan
dengan baik dan tidak ada lagi siswa yang melanggar kesepakatan yang telah
dibuat tersebut..
Dokumentasi Kegiatan
Berikut beberapa
dokumentasi pelaksanaan aksi nyata 1.3
Tidak ada komentar:
Posting Komentar